RPP PPKn KELAS IX KD I SMP/MTs KURIKULUM 2013
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah : MTs USB Sagulung
Mata pelajaran : PPKn
Materi
Pokok
: Peristiwa
dan dinamika yang terjadi di masyarakat
dengan praktik ideal Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa
Kelas/Semester :
IX/1
Alokasi Waktu : 12
x 40 Menit (12 JP)
A.
Kompetensi Inti (KI)
1. Menghargai
dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
2. Menunjukkan
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleran, gotong royong),
santun, dan percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan
sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
3. Memahami
dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan
rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait
fenomena dan kejadian tampak mata
4. Mengolah,
menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai,
memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung,
menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber
lain yang sama dalam sudut pandang/teori
B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
1.1 Mensyukuri perwujudan Pancasila sebagai Dasar
Negara yang merupakan anugerah Tuhan Yang Maha Esa
2.1
Menunjukkan sikap bangga akan tanah air sebagai perwujudan nilainilai Pancasila
sebagai dasar negara
3.1
Membandingkan antara peristiwa dan dinamika yang terjadi di masyarakat dengan praktik ideal
Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa
3.1.1
Menjelaskan penerapan Pancasila pada masa orde lama
3.1.2
Menjelaskan penerapan Pancasila pada masa orde baru
3.1.3
Menjelaskan penerapan Pancasila pada masa reformasi
3.1.4
Mendeskripsikan nilai-nilai Pancasila
sesuai dengan perkembangan zaman
3.1.5
Menguraikan perwujudan nilai-nilai Pancasila dalam berbagai aspek kehidupan
3.1.6
Mengidentifikasi perwujudan nilai-nilai Pancasila dalam berbagai lingkungan
kehidupan
4.1 Merancang dan melakukan penelitian sederhana
tentang peristiwa dan dinamika yang terjadi di masyarakat terkait penerapan
Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa
4.1.1
Menyajikan hasil telaah penyimpangan terhadap Pancasila dari masa ke masa
4.1.2
Mempresentasikan hasil telaah nilai-nilai Pancasila sesuai dengan perkembangan
zaman
4.1.3
Mempresentasikan hasil penelitian sederhana perwujudan nilai-nilai Pancasila
dalam berbagai aspek dan lingkungan kehidupan
C. Tujuan Pembelajaran
Melalui
model pembelajaran discovery learning peserta
didik dapat membandingkan antara peristiwa dan dinamika
yang terjadi di masyarakat dengan
praktik ideal Pancasila
sebagai dasar negara
dan pandangan hidup bangsa dan merancang dan melakukan penelitian sederhana
tentang peristiwa dan dinamika yang terjadi di masyarakat terkait penerapan
Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa dengan memiliki rasa
ingin tahu, memiliki rasa empati, dan bertanggungjawab dalam menyampaikan
pendapat, menjawab pertanyaan, memberikan saran dan kritik.
D. Materi Pembelajaran
1.
Penerapan Pancasila pada masa orde lama
2.
Penerapa Pancasila pada orde baru
3.
Penerapan Pancasila era reformasi
4.
Pengertian Pancasila sebagai ideologi
terbuka
5.
Nilai-nilai Pancasila sesuai dengan
perkembangan zaman
6.
Perwujudan nilai-nilai Pancasila dalam
berbagai aspek kehidupan
7.
Perwujudan nilai-nilai Pancasila dalam
berbagai lingkungan kehidupan
E. Pendekatan, Metode, dan Model Pembelajaran
Pertemuan
pertama, kedua, dan ketiga menggunakan pendekatan saintifik, model pembelajaran
menggunakan discovery learning,
metode diskusi. Sementara pertemuan keempat menggunakan model pembelajaran
berbasis proyek dengan simulasi. Simulasi dalam pembelajaran dilakukan dengan
tahapan, guru menentukan tema/bentuk permainan/simulasi berkaitan dengan
perwujudan nilai-nilai Pancasila dalam berbagai kehidupan. Peserta didik difasilitasi
untuk bermain/bersimulasi, yang diakhiri dengan refleksi penguatan nilai
dan/atau moral tersebut.
F. Media Pembelajaran
Media pembelajaran yang digunakan adalah papan tulis, spidol,
PPT, Laptop, dan LCD.
G. Sumber
Belajar
Ai Tin Sumartini dan Asep Sutisna
Putra. 2018. Pendidikan Pancasila dan
Kewarganegaraan Kelas IX. Jakarta: Kemendikbud
H. Kegiatan Pembelajaran
1. Pertemuan
pertama (3 JP)
a. Pendahuluan
(15 menit)
1)
Guru mempersiapkan secara fisik dan
psikis peserta didik untuk mengikuti pembelajaran dengan melakukan berdoa,
menanyakan kehadiran peserta didik, kebersihan dan kerapian kelas, kesiapan
buku tulis dan sumber belajar.
2)
Guru memberi motivasi dengan memperdengarkan
resonansi jiwa.
3)
Guru melakukan apersepsi melalui tanya
jawab mengenai materi penerapan Pancasila dari masa ke masa.
4)
Guru menyampaikan kompetensi dasar dan
indikator pencapaian kompetensi yang akan dicapai.
5)
Guru membimbing peserta didik melalui
tanya jawab tentang manfaat proses pembelajaran.
6)
Guru menjelaskan materi dan kegiatan
pembelajaran yang akan dilakukan peserta didik.
b. Kegiatan
inti (70 menit)
1)
Guru membagi peserta didik dalam menjadi
6 kelompok.
2)
Guru meminta peserta didik membaca wacana
berkaitan dengan penerapan Pancasila dari masa ke masa dan mencatat hal-hal
yang ingin diketahui berkaitan dengan hal tersebut. Guru memberikan penjelasan
singkat tentang wacana, sehingga menumbuhkan rasa ingin tahu peserta didik.
3)
Guru meminta peserta didik secara
kelompok menyusun pertanyaan yang dibuatnya.
4)
Guru memberi motivasi dan penghargaan
bagi kelompok yang menyusun pertanyaan terbanyak dan sesuai dengan indikator
pencapaian kompetensi.
5)
Guru mengamati keterampilan peserta
didik secara perorangan dan kelompok dalam menyusun pertanyaan
6)
Guru membimbing peserta didik untuk
mencari informasi dengan membaca buku sumber mengenai penerapan Pancasila dari
masa ke masa dan mendiskusikan jawaban atas pertanyaan yang sudah disusun.
7)
Guru membimbing peserta didik secara
kelompok untuk menyimpulkan penerapan Pancasila dari masa ke masa.
8)
Guru membimbing kelompok untuk menyusun
laporan hasil telaah tentang penerapan Pancasila dari masa ke masa. Laporan
berupa kertas lembaran.
9)
Guru mendiskusikan dan membuat
kesepakatan tentang tata tertib selama penyajian materi oleh kelompok.
10)
Guru membimbing sebagai moderator
kegiatan penyajian kelompok secara bergantian sesuai tata cara yang disepakati
sebelumnya.
11)
Guru memberikan konfirmasi terhadap
jawaban peserta didik dalam diskusi, dengan meluruskan jawaban yang kurang
tepat dan memberikan penghargaan bila jawaban benar dengan pujian atau tepuk
tangan bersama.
c. Penutup
(10 menit)
1)
Guru membimbing peserta didik
menyimpulkan materi pembelajaran melalui tanya jawab secara klasikal.
2)
Guru melakukan refleksi dengan peserta
didik atas manfaat proses pembelajaran yang telah dilakukan dan menentukan
tindakan yang akan dilakukan berkaitan penerapan Pancasila dari masa ke masa,
dengan meminta peserta didik menjawab pertanyaan yang disusun guru.
3)
Guru memberikan umpan balik atas proses
pembelajaran dan hasil telaah kelompok.
4)
Guru menjelaskan rencana pembelajaran
selanjutnya dan menugaskan peserta didik membaca materi pertemuan berikutnya.
5)
Memberi salam
2. Pertemuan
kedua (3 JP)
a.
Pendahuluan (15 menit)
1)
Guru mempersiapkan secara fisik dan
psikis peserta didik untuk mengikuti pembelajaran dengan melakukan berdoa,
mengecek kehadiran siswa, kebersihan dan kerapian kelas, kesiapan buku tulis,
serta sumber belajar.
2)
Guru memberi motivasi kepada peserta
didik dengan membahas salah satu tokoh inspiratif.
3)
Guru melakukan apersepsi melalui tanya
jawab mengenai nilai-nilai Pancasila sesuai dengan perkembangan zaman.
4)
Guru menyampaikan kompetensi dasar dan
indikator pencapaian kompetensi yang akan dicapai.
5)
Guru membimbing peserta didik melalui
tanya jawab tentang manfaat proses pembelajaran.
6)
Guru menjelaskan materi dan kegiatan
pembelajaran yang akan dilakukan peserta didik.
b. Kegiatan
inti (90 menit)
1)
Guru membimbing peserta didik duduk
berkelompok sesuai dengan kelompok dipertemuan pertama.
2)
Guru meminta peserta didik membaca Pasal
28 A-28 J UUD 1945.
3)
Kemudian guru dapat memberikan penguatan
terkait dengan pasal tersebut dengan berbagai fakta terbaru yang berhubungan
dengan nilai-nilai Pancasila sesuai dengan perkembangan zaman (ideologi
terbuka).
4)
Guru meminta Peserta didik secara
kelompok untuk mengidentifikasi pertanyaan dari pasal tersebut dikaitkan dengan
nilai-nilai Pancasila sesuai dengan perkembangan zaman. Kemudian menyusun
pertanyaan tersebut.
5)
Guru mengarahkan peserta didik secara
kelompok untuk mencari informasi untuk menjawab pertanyaan yang sudah disusun.
6)
Guru membimbing peserta didik untuk
mendiskusikan hubungan atas berbagai informasi yang sudah diperoleh minggu sebelumnya.
7)
Guru membimbing peserta didik untuk
menyusun laporan telaah tentang nilai-nilai Pancasila sesuai dengan perkembangan
zaman.
8)
Guru memfasilitasipeserta didik secara
berkelompok untuk mempresentasikan hasil telaahnya.
c. Penutup
(15 menit)
1)
Guru membimbing peserta didik
menyimpulkan materi pembelajaran melalui tanya jawab secara klasikal.
2)
Refleksi dengan peserta didik atas
manfaat proses pembelajaran yang telah dilakukan.
3)
Guru memberikan umpan balik atas proses
pembelajaran dan hasil laporan individu, dan menilai pengetahuan anak dengan
menilai hasil tugas yang dikerjakan anak
4)
Guru menjelaskan rencana kegiatan pertemuan
berikutnya dan menugaskan peserta didik untuk mempelajari submateri selanjutnya.
3. Pertemuan
ketiga (3 JP)
a.
Pendahuluan (15 menit)
1)
Guru mempersiapkan secara fisik dan
psikis peserta didik untuk mengikuti pembelajaran dengan melakukan berdoa,
mengecek kehadiran siswa, kebersihan dan kerapian kelas, kesiapan buku tulis,
serta sumber belajar.
2)
Guru melakukan apersepsi mengenai materi
minggu sebelumnya.
3)
Guru menyampaikan kompetensi dasar dan
indikator pencapaian kompetensi yang akan dicapai.
4)
Guru membimbing peserta didik melalui
tanya jawab tentang manfaat proses pembelajaran.
5)
Guru menjelaskan materi dan kegiatan
pembelajaran yang akan dilakukan peserta didik.
b.
Kegiatan
inti (90 menit)
1)
Guru membimbing peserta didik membentuk
kelas menjadi beberapa kelompok, dengan jumlah anggota empat peserta didik.
2)
Guru menunjukkan gambar kegiatan siswa
yang sedang bergotong-royong membersihkan lingkungan sekolah. Kemudian guru menambahkan
penjelasan tentang gambar tersebut dengan berbagai fakta terbaru yang
berhubungan dengan perwujudan nilai-nilai Pancasila dalam berbagai aspek dan
lingkungan kehidupan
3)
Guru membimbing peserta didik secara
kelompok untuk mengidentifikasi pertanyaan dari gambar dan mengaitkannya dengan
perwujudan nilai-nilai Pancasila dalam berbagai aspek dan lingkungan kehidupan
4)
Guru memberi motivasi dan penghargaan
bagi kelompok yang menyusun pertanyaan terbanyak dan sesuai dengan indikator
pencapaian kompetensi.
5)
Guru mengamati keterampilan peserta
didik secara perorangan dan kelompok dalam menyusun pertanyaan.
6)
Guru membimbing peserta didik secara
kelompok untuk mencari informasi untuk menjawab pertanyaan yang sudah disusun
dengan membaca Buku sumber tentang perwujudan nilai-nilai Pancasila dalam
berbagai aspek dan lingkungan kehidupan. Guru membimbing peserta didik untuk
mendiskusikan hubungan atas berbagai informasi yang sudah diperoleh sebelumnya.
7)
Guru membimbing peserta didik secara
kelompok untuk menyimpulkan perwujudan nilai-nilai Pancasila dalam berbagai
aspek dan lingkungan kehidupan
8)
Guru membimbing peserta didik menyusun
laporan hasil telaah tentang perwujudan nilai-nilai Pancasila dalam berbagai
aspek dan lingkungan kehidupan
9)
Guru membimbing setiap kelompok untuk
menyajikan hasil telaah di kelas. Kegiatan penyajian dapat setiap kelompok secara
bergantian di depan kelas.
10)
Guru membimbing peserta didik untuk
menyusun proyek kelas, yaitu simulasi praktik perwujudan nilai-nilai Pancasila
dalam berbagai aspek dan lingkungan kehidupan. Simulasi tersebut akan ditampilkan
dalam pertemuan keempat.
c.
Penutup (15 menit)
1)
Guru membimbing peserta didik
menyimpulkan materi pembelajaran melalui tanya jawab secara klasikal.
2)
Guru melakukan refleksi dengan peserta
didik atas manfaat proses pembelajaran yang telah dilakukan.
3)
Guru memberikan umpan balik atas proses
pembelajaran dan hasil laporan individu, dan melakukan tes tertulis yang
disusun guru.
4)
Guru menjelaskan rencana kegiatan
pertemuan berikutnya.
4. Pertemuan
keempat (3 JP)
a.
Pendahuluan (15 menit)
1)
Guru mempersiapkan secara fisik dan
psikis peserta didik untuk mengikuti pembelajaran dengan melakukan berdoa,
mengecek kehadiran siswa, kebersihan dan kerapian kelas, kesiapan buku tulis,
serta sumber belajar.
2)
Guru melakukan apersepsi melalui tanya
jawab mengenai materi pertemuan sebelumnya.
3)
Guru menyampaikan kompetensi dasar dan
indikator pencapaian kompetensi yang akan dicapai.
4)
Guru membimbing peserta didik melalui
tanya jawab tentang manfaat proses pembelajaran.
5)
Guru menjelaskan materi dan simulasi praktik
perwujudan nilai-nilai Pancasila dalam berbagai kehidupan.
b. Kegiatan
inti (90 menit)
1)
Peserta didik mempersiapkan segala
perlengkapan untuk pelaksanaan simulasi praktik perwujudan nilai-nilai
Pancasila dalam berbagai aspek dan lingkungan kehidupan
2)
Peserta didik dengan perannya
masing-masing melaksanakan simulasi dengan sebaik-baiknya.
3)
Guru mengamati keterampilan peserta
didik secara perorangan dan kerja kelompok dalam melaksanakan simulasi praktik perwujudan
nilai-nilai Pancasila dalam berbagai aspek dan lingkungan kehidupan
4)
Guru membimbing peserta didik membuat
atau mendokumentasikan simulasi praktik perwujudan nilai-nilai Pancasila dalam
berbagai aspek dan lingkungan kehidupan
5)
Memberi motivasi dan penghargaan atas
penampilan seluruh peserta didik dalam simulasi.
6)
Peserta didik mengevaluasi dan merefleksi
kegiatan simulasi.
c. Penutup
(15 menit)
1)
Guru membimbing peserta didik
menyimpulkan arti penting praktik perwujudan nilai-nilai Pancasila dalam
berbagai aspek dan lingkungan kehidupan
2)
Refleksi dengan peserta didik atas
manfaat proses pembelajaran yang telah dilakukan dan menentukan tindakan yang
akan dilakukan berkaitan dengan praktik perwujudan nilai-nilai Pancasila dalam
berbagai aspek dan lingkungan kehidupan
3)
Guru menjelaskan rencana ulangan harian
pada pertemuan berikutnya dan menugaskan peserta didik untuk mempelajari materi
yang sudah dibahas.
4)
Guru memberi salam.
I.
Penilaian
1. Aspek Penilaian
a. Penilaian sikap
: Observasi
b. Penilaian pengetahuan :
Tes tertulis
c. Penilaian keterampilan :
Praktik
2. Bentuk Penilaian
a. Observasi : Lembar pengamatan aktivitas
pesertas didik
b. Tes tertulis : Uraian
c. Praktik : Lembar penilaian
presentasi
3. Instrumen Penilaian
(terlampir)
4. Remedial
a. Pembelajaran remedial
dilakukan bagi peserta didik yang capaian kompetensi dasarnya belum tuntas
b. Tahapan pembelajaran
remedial dilaksanakan melalui remedial teaching
dan diakhiri dengan tes tertulis
c. Tes remedial dilakukan
sebanyak 2 kali dan apabila setelah 2 kali remedial belum mencapai ketuntasan,
maka remedial dilakukan dalam bentuk tugas tanpa tes tertulis kembali.
Mengetahui,
Batam, Juli 2018
Kepala MTs USB Sagulung Guru Mata Pelajaran
Dra.Hj.Sumiyarsih, M.Sc Nurhairani,
M.Pd
NIP. 196301141993032001
LAMPIRAN
1) Penilaian Sikap
Penilaian sikap terhadap peserta didik
dilakukan selama proses belajar berlangsung melalui observasi. Dalam observasi
yang dinilai adalah aktivitas dan tingkat perhatian peserta didik pada saat
berdiskusi. Aspek yang diamati adalah iman taqwa, rasa syukur, jujur, displin
dan tanggung jawab. Format observasi penilaian sebagai berikut:
Kelas : ………………………
Hari, Tanggal : ………………………
Pertemuan Ke- : ………………………
Materi Pokok : ………………………
No
|
Nama
Peserta Didik
|
Aspek
Penilaian
|
||||
Iman
Taqwa
|
Rasa
Syukur
|
Jujur
|
Disiplin
|
Tanggung
Jawab
|
||
Skor penilaian menggunakan skala 1 – 4, yaitu :
Skor 1 apabila peserta didik tidak pernah sesuai dengan aspek
sikap yang dinilai
Skor 2 apabila peserta didik kadang-kadang sesuai dengan aspek
sikap yang dinilai
Skor 3 apabila peserta didik sering sesuai dengan aspek sikap yang
dinilai
Skor 4 apabila peserta didik selalu sesuai dengan aspek sikap yang
dinilai
Nilai = Skor Perolehan x 5
2) Penilaian Pengetahuan
Soal
Pertemuan pertama:
1. Tuliskan 2 penyimpangan dalam penerapan Pancasila sebagai dasar
negara dan pandangan hidup bangsa pada masa orde lama!
2. Tuliskan 2 penyimpangan dalam penerapan Pancasila sebagai dasar
negara dan pandangan hidup bangsa pada masa orde baru!
3. Tuliskan 2 penyimpangan dalam penerapan Pancasila sebagai dasar
negara dan pandangan hidup bangsa pada masa reformasi!
Pedoman
penskoran: jika jawaban benar, skor pada masa pemerintahan orde lama dan orde
baru masing-masing adalah 30. Sementara skor pada era reformasi adalah 40. Jadi
jumlah skor 100.
Soal
pertemuan kedua:
1.
Tuliskan 3 perbedaan
ideologi terbuka dan ideologi tertutup!
2.
Sebutkan karkterik ideologi
terbuka!
3.
Sebutkan 1 contoh negara
yang menerapkan ideologi terbuka dan tertutup!
4.
Jelaskan makna Pancasila sebagai
ideologi terbuka!
5. Jelaskan 3 hal yang harus diperhatikan dalam implementasi
Pancasila sebagai ideologi terbuka!
Pedoman
penskoran: jika jawaban tepat, maka skor soal nomor 1 dan 5 adalah 25. Skor
soal 2 dan 3 skornya 15. Sementara soal nomor 4, skornya adalah 20. Sehingga
jumlah skor 100.
Soal
pertemuan ketiga:
- Tuliskan 2 perwujudan nilai-nilai Pancasila di bidang politik!
- Tuliskan 2 perwujudan nilai-nilai Pancasila di bidang ekonomi!
- Tuliskan 2 perwujudan nilai-nilai Pancasila di bidang sosial budaya!
- Tuliskan 2 perwujudan nilai-nilai Pancasila di bidang pertahanan keamanan!
- Tuliskan 2 perwujudan perwujudan nilai-nilai Pancasila di lingkungan keluarga!
- Tuliskan 3 perwujudan perwujudan nilai-nilai Pancasila dalam lingkungan sekolah!
- Tuliskan 3 perwujudan perwujudan nilai-nilai Pancasila dalam lingkungan masyarakat!
- Tuliskan 3 perwujudan perwujudan nilai-nilai Pancasila dalam lingkungan negara
Pedoman
penskoran: jika jawaban benar maka masing-masing soal 1-4 skornya 5. Kemudian
soal nomor 5-8 skornya adalah 10. Jadi jumlah skor 100.
3) Penilaian Keterampilan
Penilaian keterampilan dilakukan guru
dengan melihat kemampuan peserta didik dalam berdebat, kemampuan bertanya,
kemampuan menjawab pertanyaan atau mempertahankan argumentasi kelompok,
kemampuan dalam memberikan masukan/saran terkait dengan materi yang sedang
dibahas ( mengomunikasikan secara lisan ).
No
|
Nama Peserta didik
|
Kemampuan
Bertanya
|
Kemampuan
Menjawab/
argumentasi
|
Memberi
masukan/
saran
|
Mengapresiasi
|
||||||||||||
4
|
3
|
2
|
1
|
4
|
3
|
2
|
1
|
4
|
3
|
2
|
1
|
4
|
3
|
2
|
1
|
||
1
|
|||||||||||||||||
2
|
|||||||||||||||||
dst
|
|||||||||||||||||
Keterangan
: di isi dengan tanda cek ( √ )
Kategori
Penilaian : 4 = sangat baik, 3 =
baik, 2 = cukup, 1 = kurang
Skor Perolehan
Nilai =
-------------------- x 100
12
Pedoman Penskoran (rubrik)
No
|
Aspek
|
Penskoran
|
1
|
Kemampuan bertanya
|
Skor 4, apabila selalu Bertanya
Skor 3, apabila sering bertanya
Skor 2, apabila kadang-kadang bertanya
Skor 1, apabila tidak pernah bertanya
|
2
|
Kemampuan menjawab/
Argumentasi
|
Skor 4, apabila materi/jawaban benar, rasional, dan jelas
Skor 3, apabila materi/jawaban benar, rasional, dan tidak jelas
Skor 2, apabila materi/jawaban benar, tidak rasional, dan tidak
jelas
Skor 1, apabila materi/jawaban tidak benar, tidak rasional, dan
tidak jelas
|
3
|
Kemampuan memberi
masukan
|
Skor 4, apabila selalu memberi masukan
Skor 3, apabila sering memberi masukan
Skor 2, apabila kadang-kadang memberi masukan
Skor 1, apabila tidak pernah memberi masukan
|
4
|
Memberikan apresiasi
|
Skor 4, apabila selalu memberi pujian
Skor 3, apabila sering memberi pujian
Skor 2, apabila kadang-kadang memberi apresiasi
Skor 1, apabila tidak pernah memberi apresiasi
|
Komentar
Posting Komentar